Buscar
Pages
Posted by
Lilik Sukarti
In:
Organisasi
BAB 1
A. Pengertian Organisasi
Organisasi adalah susunan dan aturan
dari berbagai-bagai bagian sehingga merupakan kesatuan yang teratur. (W.J.S.
Poerwadarminta, Kamus Umum Bahasa Indonesia)
B. Definisi Organisasi
Menurut
para ahli terdapat beberapa pengertian organisasi sebagai berikut :
Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola
hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan
mengejar tujuan bersama.
James
D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap
perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.
Chester
I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah
merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau
lebih.
Stephen
P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah
kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan
sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang
relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok
tujuan.
C.
Macam-macam Organisasi
1. Organisasi Garis (Line Organization)
Organisasi
Garis adalah tipe organisasi yang tertua dan paling sederhana. Dalam organisasi
garis, tugas-tugas perencanaan, pengendalian dan pengawasan berada satu tangan garis
kewenangan (line authority) langsung dari pimpinan kepada bawahan.
2. Organisasi Garis dan Staf (Line and
Staff Organization)
Organisasi garis dan staf pada umumnya
digunakan untuk organsasi yang besar. Daerah kerjanya luas dan mempunyai
bidang-bidang tugas yang beraneka ragam serta rumit.
3. Organisasi Fungsional (Functional
Organization)
Pada umumnya yang dimaksud dengan
organisasi fungsional adalah yang disusun berdasarkan sifat dan macam-macam
fungsi yang harus dilaksanakan
4. Organisasi Panitia (Commit
Organization)
Tipe organisasi panitia pada umumnya
dibentuk dalam waktu yang terbatas untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu
BAB 2
I. Latar Belakang
Komunitas
adalah sebuah kelompok sosial
dari beberapa organisme yang
berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu
di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi,
kebutuhan, risiko, kegemaran dan sejumlah kondisi lain yang serupa.
Dalam
adanya komunitas kita dapat lebih mengenal satu sama lain dimulai dari bakat,
kegemaran, kemampuan dll. Maka, kami mendirikan sebuah komunitas pada tahun
2014/2015 ini yg bernama “Comma Graphic Design”.
Dengan adanya komunitas ini kami mempunyai tujuan agar komunitas kami dapat lebih
dikenal oleh mahasiswa lain dan masyarakat luar. Comma Graphic
Design didirikan pada tanggal 30 September 2014 sampai sekarang.
II.
Tujuan
· Mengembangkan,
meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan pada anggotanya di
bidang design
·
Bersaing
dalam dunia design
·
Lebih
berinovasi dalam mendesign.
III. VISI DAN MISI
·
VISI
1. Comma Graphic Design dalam fungsinya sebagai Design Graphic
Organization yang berupaya mempelajari, mengembangkan, dan menjual, kemampuan
dalam seni dalam hal desain grafis yang bermanfaat khususnya bagi anggota dan
Mahasiswa Universitas Gunadarma
· MISI
1. Mengembangkan sarana dan prasarana yang
ada supaya dimasa yang akan datang dapat berinovasi dengan dunia desain
2. Meningkatkan Koordinasi dan Kerjasama
antara anggota
3. Memberanikan diri dalam mengikuti lomba
desain
4. Mengembangkan jaringan bisnis yang
menguntungkan kepenjuru dunia
5. Menyediakan desain-desain inovatif
bermutu tinggi dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan.
IV. Kegiatan
· Mengidentifikasi, mengevaluasi, dan
menyiapkan strategi serta praktek yang dapat dilaksanakan.
· Mendorong anggota untuk berperan aktif
didalam design ini.
· Berani bersaing dalam dunia
design.
V. Organisasi
Dan disini saya menjabat sebagai sekretaris. Tugas
sekretaris didalam komunitas Comma Graphic Desain antara lain :
a. Sebagai
perantara saluran komunikasi dan pembinaan hubungan yang baik bagi orang yang
ingin berhubungan dengan ketua
b. Sebagai
sumber informasi yang diperlukan dalam memenuhi fungsi, tugas, dan tanggung
jawab.
c. Membuat
jadwal pertemuan
d. Mencatat permintaan design dari
konsumen
· Mengumpulkan
anggota yang antusias dan benar-benar bisa diandalkan.
· Menentukan media yang sesuai
dengan kondisi dan tujuan
· Merencanakan program dan
menyiapkan sumber dayanya.
VII. Bagan Organisasi
Comma Design
VIII. Kegiatan Comma Design
VIII. Hasil Design Dari Komunitas Comma Design
SUMBER :
http://tanagata208.blogspot.com/2012/10/tipe-tipe-macam-macam-organisasi.html
This entry was posted on Minggu, November 09, 2014
You can follow any responses to this entry through
the RSS 2.0 feed.
You can leave a response,
or trackback from your own site.
Posted on
-
0 Comments
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar